Rabu

Merawat Mesin Matik di Musim Hujan



Jakarta - Hujan deras yang mengguyur Jakarta Kamis 5 Maret 2009 kemarin membawa bencana bagi motor matik milik Tantri.

Motor karyawan sebuah bank swasta di Jakarta ini kelelep banjir yang menutupi knalpot motor saat melintas di jalanan Jakarta.

"Aku pikir motor matikku tidak bakal mogok, eh tidak tahunya di tengah banjir, motorku macet," ceritanya.

Tantri terpaksa mendorong motor kesayangan ke pinggir, sambil berharap cemas motornya masih bisa distarter. Kunci diputer lagi, eh mesin menyala tetapi tapi tiba-tiba keluar asap tebal dari knalpot.

"Kira-kira yang perlu dibetulin apa ya," tanyanya pasrah.

Nah, Empe mekanik dari rumah modifikasi Studio Motor yang terletak di Jalan Ciputat Raya No. 42 Tanah Kusir, Jakarta Selatan ingin berbagi tips untuk mengatasi hal tersebut.

  1. Buka penutup body dan periksalah kabel busi, cangkong busi beserta busi motor. lakukanlah penyemprotan hingga bagian tersebut benar-benar bersih dari kotoran, kemudian keringkan.
  2. Kuras oli mesin. Untuk mendapatkan hasil yang efektif kuras menggunakan bensin agar benar-benar bersih, setelah itu keringkan. Kemudian masukan kembali oli baru dengan spesifikasi khusus motor matic.
  3. Kuras oli gardan pada motor matic dan masukan kembali oli gardan baru.
  4. Bersihkan karburator seperti biasa anda melakukan pada motor umumnya.
  5. Bongkar CVT (Continuously Varible Transmission) kemudian bersihkan dengan air bersih kemudian keringkan. Ini dilakukan untuk menghilangkan kotoran yang tertampung pada blok CVT.
  6. Lakukan pengeringan dengan menggunakan hair dryer pada kelistrikan motor hingga kering. Jangan sepelekan bagian ini, apabila tidak benar-benar kering bisa menyebabkan korsleting pada kelistrikan motor Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Untuk tanya-tanya bisa langsung coment di bawah yah gals