Kamis

Misteri Gunung ARGOPURO

Pemandangan Gunung Argopuro di Jawa Timur sangat menawan. Karena itu Gunung ini terkenal dengan Gunung Terindah di PUlau Jawa. Namun dibalik itu, gunung setinggi 3.088 meter dari permukaan laut itu menyimpan sejuta misteri.
Bagi para pendaki yang sudah pernah ke tempat ini pasti sudah kenyang akan hal-hal gaib.

Gunung Argopuro tergolong cukup unik. Gunung yang memiliki ketinggian 3.088 meter itu memiliki 12 puncak. Namun yang paling tertinggi adalah Puncak Rengganis dan Puncak Primer. Untuk mencapai Puncak Primer harus melalui medan yang sulit.

"Kalau Primer harus climbing. sedangkan Puncak Rengganis itu mudah bagi pendaki setelah melewati 31 bukit.
Bagi PECINTA ALAM yang sudah berkelana sudah tak kaget jika pegunungan ini menyimpan banyak legenda dan misteri.

Konon di puncak tertinggi itu di dahulu kala tinggal seorang puteri. Dia adalah Dewi Rengganis. Putri berparas ayu itu mengasingkan diri dengan membangun istana di puncak.

Tak jauh dari puncak terdapat sebuah danau. Pendaki biasa menyebutnya Danau Taman Hidup. "Konon untuk pemandian putri Rengganis. Di Danau Taman Hidup itu terdapat jembatan dan suasananya cukup menyeramkan. "Namun diakui pemandangannya indah sekali, dikelilingi bukit. Tapi jangan coba-coba mandi di situ. Konon jika mandi akan tersedot.

Untuk mencapai puncak, pendaki harus menempuh jalur yang berliku. Perjalanan menuju puncak bisa memakan waktu 2-3 hari dari Desa Baderan, Kecamatan Sumbermalang, Situbondo.

Setelah melewati kerimbunan hutan dengan aneka jenis tanaman yang beragam, terbentanglah padang luas nan indah. Padang rumput datar dan teramat luas yang biasa Cikasur.

Di Cikasur pernah dibangun lapangan terbang di zaman kolonial. "Saat zaman Jepang dibangun landasan pesawat. Dulu untuk mendroping logistik prajurit. Di atas sana memang saat itu kabarnya tempat prajurit Jepang.

Nah, yang patut diketahui disini, Gunung ini tidak seperti Gunung2 lain karena Tak sedikit pendaki yang tersesat setelah turun dari puncak. Penyebabnya ada dua. Yang pertama karena salah jalur akibatnya banyaknya jalur di gunung itu.

"Yang kedua biasanya pendaki melihat penampakan danau tiga warna, hijau merah dan putih. Itu danau konon tempat mandinya dedemit. Nah, yang salah jalur itu karena pendaki terjebak jalur yang biasa dipakai binatang buasa, seperti Macan Kumbang.

Namun dibalik legenda misteri itu di puncak Argopuro juga kaya akan tanaman selada airnya. "Tanaman ini Sangat ampuh untuk mengobati sakit liver.

0 komentar:

Poskan Komentar

Untuk tanya-tanya bisa langsung coment di bawah yah gals