Rabu

Tips Mobil kita jadi Lebih Hijau


Toyota Prius atau Lexus 600H L yang berteknologi hybrid mungkin masih terlalu mahal bagi kantong anda, dan ide untuk membeli Mercedes-Benz berdiesel dan mengkonversi bahan bakar tersebut agar lebih hemat mungkin baru menjadi jangka panjang yang anda tuju. Namun jangan khawatir, bagi anda yang sangat peduli dan concern terhadap lingkungan terutama dalam menyangkut isu global warming, masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir sumbangan besar anda kepada semakin menipisnya ozon Bumi dengan mengurangi emisi gas kendaraan yang anda pakai sehari-hari.

Berikut akan disampaikan beberapa langkah dan tips-tips untuk membuat kendaraan anda lebih ramah dan mengurangi rating emisi yang terproduksi sebelum anda melakukan konversi mobil hybrid ke dalam garasi anda.

Langkah-langkah:

  1. Lebih sadar dengan kebiasaan menyetir anda. Usahakan sebiasa mungkin untuk menghindari pengereman dan start yang tiba-tiba saat berkendara, jangan lupa juga untuk memperhatikan secara seksama kecepatan limit yang anda tempuh. Dan ingat, untuk setiap 5-mph yang anda geber diatas 60 mph adalah tambahan uang yang harus anda bayar untuk setiap liter bensin yang anda beli.
  2. Hindari kebiasaan untuk membiarkan mesin anda menyala terus. Dalam keadaan diam akan lebih hemat jika anda mematikan kendaraan anda dan menyalakannya kembali nanti.
  3. Usahakan sebisa mungkin mobil anda dalam keadaan yang paling tune. Kondisi mesin yang kurang baik dapat meningkatkan konsumsi bensin lebih dari 50 persen.
  4. Gantilah oli anda secara reguler. Dengan memastikan oli di mobil anda senantiasa bersih akan mengurangi korosi dan kerusakan pada komponen mesin penggerak lebih lama lagi.
  5. Gunakan tingkatan oli yang tepat untuk memastikan mobil anda berjalan sebagaimana mestinya dalam kondisi beragam cuaca.
  6. Ganti filter udara anda secara regular. Jika filter udara anda bersih maka mesin anda akan berjalan lebih baik dan menghemat emisi gas.
  7. Ganti filter bahan bakar secara reguler juga. Jika filter bahan bakar bersih maka menjamin mesin yang berjalan lebih baik dan mengurangi emisi gas.
  8. Periksa kesejajaran mobil anda. Jika tidak sesuai akan menyebabkan mobil anda berjalan lamban dan terseret-seret, hal ini tentu saja meningkatkan jumlah penggunaan bahan bakar.
  9. Cek tekanan ban anda secara reguler menggunakan alat ukur angin. Jika anda berkendara dengan roda kempes efisiensi bahan bakar anda akan berkurang 2 persen untuk setiap pon dimana ban anda kekurangan angin.
  10. Buang sampah-sampah dan pindahkan barang-barang yang tidak berguna di mobil anda. Bobot mempengaruhi tingkat ekonomis bahan bakar.
  11. Kurangi penggunaan AC. Gunakan jendela untuk mendinginkan mobil anda dan coba mulai investasi pada kipas solar atau electric. Parkir mobil anda di tempat teduh dan reflective windshield juga akan membantu mobil anda tetap sejuk.


  1. Jika anda menggunakan diesel, pikirkan untuk mencoba biodiesel. Bahan bakar berbasis tumbuhan ini bisa dipakai dalam mesin diesel apapun dengan atau tanpa modifikasi dan di Indonesia bahan bakar ini sudah tersedia di beberapa tempat.
  2. Minimalisir penggunaan mobil anda. Biasakan berjalan untuk jarak dekat atau bersepeda yang pastinya akan lebih menyehatkan.
  3. Bagi anda para usahawan/usahawati , daripada menyetir untuk menghadiri sebuah rapat, mengapa tidak memanfaatkan fitur teleconfrence yang saat ini telah tersedia dalam berbagai provider.
Perhatikan tekanan ban anda secara serius. Jika anda memastikan ban anda dalam keadaan yang normal maka anda dalam region Indonesia sudah turut serta dalam mengurangi jumlah gas emisi sebesar 2 juta galon pertahunnya..

0 komentar:

Posting Komentar

Untuk tanya-tanya bisa langsung coment di bawah yah gals