Selasa

YARIS SHOW OFF TOYOTA YARIS S 2007..Ngebuut uy..



Tema racing style sudah saatnya bangkit kembali, termasuk di Surabaya. Agar tak dicap sekedar nimbrung tren, ubahan yang dilakukan mesti punya karakter. Disini, dituntut olah kreativitas. Seperti pada Yaris hitam milik Roy Adhyanto. Body kit penguat karakter racing style dibuat berbeda, “Terinspirasi dari beberapa detail mobil Toyota,” kata Roy yang juga bos bengkel Variasi Ambengan Jaya (VAJ), Surabaya. Efeknya, tampilan berbeda dari Yaris racing style kebanyakan. Spoiler dan diffuser belakang yang desainnya mirip Varis Super Taikyu untuk Subaru WRX, ditambahkan sepasang mika lampu di bagian bawah. Bentuk mika lampu tipis memanjang ini, “Diambil dari mika reflektor dari Camry atau Altis baru yang aslinya nempel di bumper belakang,” terang Roy lagi. Bentuknya cukup menarik, terekspos setelah ditambah lampu bohlam yang disambung dengan saklar lampu kota. Di bagian samping bodi, fender belakang kiri dan kanan juga unik. Detail over fender melengkung dari bahan fiberglass, juga terinspirasi mobil lain. “Yang ini idenya dicomot dari over fender Toyota Celica TRD,” kata Edwin, salah satu pentolan VAJ yang mendesain body kit Yaris ini. Imbasnya fender terlihat lebih berotot. Fender bagian depan senasib. Temanya tambah otot. Caranya, fender asli diganti dengan fender replika dari bahan fiberglass. Bentuknya lebih besar, dengan aksen sirip lubang udara.Konsep sirip fender ini ditiru dari Lexus ISF, model Lexus convertible yang limited edition. Bentuk lekukannyapun dibuat beraksen kuat, lewat aplikasi panel karbon fiber yang ditempeli emblem VVT-i. Pada apron depan, sebagian bumper depan yang berbahan fiberglass, terinspirasi tuner Ings+1. Hanya, “Pada lekukan bumper di bawah headlamp sampai pelat nomor saja yang mirip, lainnya dibuat custom,” kata Edwin. Bentuk bumper bagian bawah dibuat lebih kotak dibandingkan Ings+1, maksudnya, “Untuk mengurangi bentuk oval mirip telur ciri khas Ings,” ujar Edwin yang juga menambah lip berbahan karbon fiber di bawah bumper


Sempat terjadi musibah dua hari sebelum Yaris ini masuk kontes Yaris Show Off di Surabaya. Blok mesin bagian bawah jebol, akibat aplikasi turbo Garrett GT-27 ball bearing dengan tekanan boost yang tinggi, “Waktu itu diset sampai 3 bar, dan ternyata kompresi standar Yarispun sudah tinggi,” ujar Roy. Walhasil, doi mesti mencari mesin penggantinya. Untungnya, Auto2000 Ahmad Yani Surabaya bisa mengatasinya. Dalam waktu kurang lebih 6 jam saja, satu set blok mesin bawah 1NZ-FE (beserta oil pan dan filter oli) seharga Rp 22 juta, sudah siap untuk dipasangkan dalam kompartemen mesin Yaris. Dengan pengalaman sebelumnya, kini tekanan boost turbonya hanya disetel di angka 0,4 bar.



Ada beberapa detail unik yang ditampilkan dalam Yaris biru ini. Siapa tahu bisa jadi inspirasi bagi pemilik Yaris lainnya yang pengin bergaya racing style. 1.Panel karbon printing : Agar satu tema dengan detail karbon fiber pada kap mesin dan lip spoilernya, bagian kabin juga diberi nuansa yang sama. Panel dasbor, door trim diberi sentuhan karbon printing, detail karbon yang dilakukan dengan teknik printing. Untuk satu set kabin mobil Yaris ini biayanya sekitar Rp 1,5 juta 2.Roof Spoiler bertingkat : Untuk menyesuaikan dengan bentuk spoiler depan-belakang yang lebih besar, dibuatlah roof spoiler yang lebarnya sekitar 15 cm. Agar terkesan tebal seperti over fender belakang, bentuknya dibuat bertingkat. 3.Disc Brake : Agar deselerasi lebih aman, disc brake asli roda depan diganti dengan rem depan Brembo 4 pot disc brake 320 mm, agar tidak mentok dengan velg, ukuran velg mesti 17 inci keatas. Sedangkan di roda belakang, dipasang rem disc brake dengan piringan berdiameter 270 mm milik Honda Jazz. 4.Tombol engine start : Yaris tipe S ini aslinya tidak dilengkapi dengan tombol engine start seperti yang menempel di tipe S Limited. Tapi Roy kreatif, ia membeli satu set komponen engine start beserta kabel tersebut seharga Rp 900 ribu untuk dipasang di mobilnya. Toh, tak banyak kendala dalam pemasangan, tinggal sambung dengan kabel dari ECU yang sudah siap.

RUMAH MODIFIKASI: Bodi, aksesori: Variasi Ambengan Jaya (VAJ), Ambengan, Surabaya Aksesori lampu: Indoban, Undaan, Surabaya
Stiker: Peanut, Mulyosari, Surabaya
Aksesori mesin: GR1, Pulogadung, Jakarta Timur Seting mesin: Olimart, Semarang, Surabaya Audio: A Class, Kedung Sari, Surabaya
Interior: utomaxx, Cisadane, Surabaya Jok: Esprit, Nginden, Surabaya Velg: Permaisuri: Mahakam, Jakarta Selatan Panel karbon printing: Facelift, Kalibokor, Surabaya SPESIFIKASI: Body kit custom, wing custom, fender depan custom, overfender belakang custom, kap mesin karbon fiber custom, lip karbon fiber custom, stiker cutting custom, strut bar Tanabe, velg Advan RG-II 17x7,5 inci, baut roda Z Speed, ban Toyo Proxes4 205/45R17, suspensi coil over Tanabe Sustec Pro, under brace depan Tanabe, under brace belakang Tanabe, rem depan Brembo 4 pot disc brake 320 mm, rem belakang disc brake custom 270 mm, busi SplitFire, kabel ground Pivot, turbo Garrett GT-27 ball bearing, intercooler Greddy, blow off valve Greddy, piggy back Greddy Ultimate, boost controller Apex’I AVCR, filter udara Greddy Airinx, air suction kit Greddy, aki kering Stinger, radiator hose Billion, free flow muffler custom, HKS Hi-Power catback exhaust systems, oil cooler Works Engineering, setir MOMO Drifting, pedal set MOMO, shift knob MOMO, seatbelt Sabelt, jok racing Recaro DC5, jok belakang lapis bahan Sparco, panel panel wood printing custom, indikator Pivot (water temperature, oil pressure, oil temperature, exhaut temperature), head unit TV Caska 7 inci, speaker depan Rockford Fosgate, subwoofer Rockford P2 10 inci


0 komentar:

Posting Komentar

Untuk tanya-tanya bisa langsung coment di bawah yah gals