Rabu

Israel Menghentikan Serangan Selama 3 Jam Per Hari

Ratusan warga Palestina berbondong-bondong keluar rumah untuk berbelanja makanan. Saat itu, Jalur Gaza yang akhir-akhir ini diserang cukup aman. Meski hanya beberapa jam, Israel menghentikan agresinya ke Jalur Gaza.

Penghentian serangan selama 3 jam itu merupakan langkah pertama untuk gencatan senjata Israel dan Hamas. Bagaimana tanggapan warga sipil Palestina?

"Makanan dan susu, apalagi yang kita bisa harapkan dalam waktu 3 jam dan kami ingin semua (perang) segera berakhir," ujar Ahmed Abu Kamel, warga yang tinggal dekat Jalur Gaza seperti dilansir Reuters, Kamis (8/1/2009).

Penghentian serangan itu berlangsung selama pukul 13.00 sampai pukul 16.00 waktu setempat. Setelah mengumpulkan bahan makanan dan mengunjungi saudara dan teman, warga Palestina kembali ke tempat persembunyian mereka.

Penghentian serangan ini, menurut Israel akan dilakukan setiap hari. Hal itu untuk mempermudah aliran bantuan kepada penduduk di wilayah Hamas yang berjumlah 1,5 juta orang.

Sambutan positif dari Israel ini muncul sehari setelah Israel membunuh 42 orang Palestina di jalur Gazamen. Israel mau berbicara di Kairo atas rencana gencatan senjata yang lebih luas, seperti yang diserukan Presiden Mesir Hosni Mubarak dan pemimpin Prancis Nicolas Sarkozy.

"Kami menyambut baik inisiatif Perancis-Mesir. Kami ingin melihatnya berhasil," ucap Juru Bicara Perdana Menteri Mark Regev.

Israel menginginkan perjanjian gencatan senjata, dengan syarat dicarinya dan dihancurkannya terowongan-terowongan di sepanjang perbatasan antara Gaza dan Mesir untuk mencegah Hamas menembakkan roket ke kota-kota Israel.

0 komentar:

Posting Komentar

Untuk tanya-tanya bisa langsung coment di bawah yah gals