Kamis

Yaris TRD Sportivo





Hingga kini, Toyota sudah merilis dua edisi terbatas bag ! Yaris yang sudah beredar sejak 2006. Yang pertama adalah Yaris Superman yang muncul bersamaan dengan peluncuran Camry. Dan kini Toyota, kembali merilis Toyota Yaris TRD Sportivo

Karena merupakan edisi terbatas,Yaris TRD Sportivo yang muncul di Indonesia Internasional Motor Show 2008, hanya diproduksi 10 unit. Namun seperti apa kualitas berkendara Yaris TRD Sportivo ini.Untuk membuat varian terbatas ini, Toyota menggunakan basis dari varian entry level yakni Yaris J bertransmisi manual tanpa airbag dan rem ABS. Namun dengan tambahan aero kit baru membuat penampilan Yaris semakin sporty. Pembeda lainnya adalah emblemTRD di pintu bagasi.



Selain aero kit, Toyota juga ingin meningkatkan performa pengendalian Yaris dengan menyematkan sockbraker dan per TRD Sportivo. Dengan suspensi itu, tinggi Yaris TRD ini pun berkurang 10 mm dari versi standar. Memang tidak banyak, soalnya Toyota tidak ingin kenyamanannya berkurang drastis. Sehingga tetap nyaman digunakan sehari-hari.

Dibanding dengan versi standar, ketika melakukan tes berpindah jalur, bodi Yaris TRD ini lebih tenang dan tetap stabil. Kemiringan bodi atau limbung tidak sebanyak versi standar dengan suspensi yang lebih empuk. Namun, ketika moncongnya sudah lurus, buritannya terasa tertinggal.

Sementara di lintasan semen dan bergelombang, suspensi TRD yang sedikit lebih keras ini juga tetap bisa meredam guncangan dengan baik dan bodinya lebih stabil.

Menghadapi tikungan kurva, ge-jala understeer juga lebih minim dan terjadi di kecepatan yang lebih tinggi. Untuk lebih meyakinkan, kami pun mengetesnya di rule melingkar.

Yaris TRD mampu menikung dengan kecepatan 5 km/ jam lebih tinggi ketimbang Yaris standar sebelum ban kehilangan traksi. Kecepatan yang bisa diraih Yaris TRD dengan traksi ban masih memadai mampu mencapai 60 km/ jam. Lebih cepat dari itu maka ban depan kehilangan traksi dan rnuncul understeer.



0 komentar:

Posting Komentar

Untuk tanya-tanya bisa langsung coment di bawah yah gals